Perawatan mobil Hybrid dan EV - Mautaumobil.com

 Mobil EV dan Hybrid sedang menjadi trend otomotif sekarang ini, hampir semua produsen otomotif sudah mulai mengembangkan kendaraan dengan sistem elektrifikasi mulai dari mild hybrid, hybrid, Plug in Hybrid sampai full EV. Pada kali ini mautaumobil.com akan sedikit memberikan gambaran tentang perawatan pada mobil Hybrid dan EV. 

Hybrid & EV engine - source: mautaumobil.com

Perawatan pada mobil Hybrid

Perawatan periodik

Perawatan pada mobil Hybrid sebenarnya hampir sama dengan mobil konvensional pada umumnya, perawatan seperti ganti oli mesin, oli transmisi, ganti filter filter, ganti cairan coolant dan fluida lain masih terdapat pada mobil Hybrid. Akan tetapi ada perawatan tambahan yang mungkin terdapat pada mobil Hybrid seperti penggantian filter pada High voltage battery, penggantian coolant inverter. 

Perawatan preventif

Selain perawatan periodik, pada mobil Hybrid juga diperlukan perawatan preventif yang bertujuan untuk menjaga umur dari High voltage battery. Perawatan preventif ini meliputi perawatan pada cabin mobil dan high voltage battery. Pada mobil hybrid pendinginan High voltage battery dilakukan oleh cooling fan yang menghisap udara dingin dari dalam kabin mobil. Jika area kabin mobil kotor dan berdebu akan menyebabkan kualitas udara pendingin baterai akan menjadi buruk dan kotoran akan menumpuk di baterai yang akibatnya akan menyebabkan high voltage baterai menjadi overheat. Maka kebersihan area kabin harus selalu diperhatikan oleh pemilik mobil hybrid. 
Perawatan preventif yang kedua pada mobil hybrid adalah dengan melakukan pembersihan pada module module high voltage battery. Pembersihan ini meliputi pembersihan pada seluruh komponen seperti high voltage baterai, bus bar, cooling fan dan suction pipe. Selain itu juga perlu dilakukan reposisi atau rolling posisi pada tiap module high voltage battery. Proses ini bertujuan agar kondisi module baterai bisa kembali seimbang sama rata satu dan lainnya. 

Perawatan preventif lainnya adalah dengan melakukan balancing pada module baterai guna menyeimbangkan kembali kapasitas maksimum dari tipe module baterai. Proses balancing ini biasanya dapat dilakukan pada mobil yang menggunakan baterai nikel dan belum terdapat baterai management. 

Yang terakhir adalah melakukan kalibrasi pada sensor current agar pembacaan pemakaian arus baterai selalu terkontrol. Perlu diingat tidak semua mobil hybrid dilengkapi dengan current sensor. 

Perawatan pada mobil full EV

Perawatan periodik

Mobil EV mempunyai sistem yang hampir sama dengan plug in hybrid yang membedakan adalah pada EV tidak terdapat internal combustion engine. Perawatan periodik pada mobil EV jauh lebih mudah dibanding kan dengan mobil Hybrid ataupun konvensional. Perawatan mobil EV biasanya adalah penggantian coolant inverter dan coolant battery, kemudian penggantian oli gear dan penggantian air wiper. 

Perawatan preventif

Untuk perawatan preventif pada mobil EV sebenarnya tidak ada yang spesifik diharuskan, hanya pada beberapa tipe mobil EV perlu melakukan kalibrasi current sensor setiap beberapa bulan sekali agar pembacaan current sensor tetap akurat guna menjaga kerja dari sistem baterai tegangan tinggi. 

Berbeda dengan mobil Hybrid yang menggunakan pendingin udara sebagai pendinginan untuk High voltage battery, pada mobil EV high voltage battery didinginkan oleh cairan coolant, sehingga tidak diperlukan perawatan tertentu dan hanya diperlukan perawatan rutin untuk penggantian coolant battery saja. 
Perawatan mobil EV memang terlihat lebih mudah dikarenakan tidak terdapat komponen seperti mesin konvensional, akan tetapi belum diketahui secara pasti bagaimana durability dari mobil EV itu sendiri. Selain dari perawatan perawatan yang sudah disebutkan sebelumnya, mungkin akan ada perubahan untuk maintenance pada mobil EV dan Hybrid kedepannya, kita tunggu saja perkembangannya. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda ingin melakukan konsultasi, perawatan, perbaikan ataupun penanganan darurat mobil di lokasi anda (area jakarta) anda dapat menghubungi otosiaga ataupun langsung datang ke bengkel otosiaga. 

Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih


Tidak ada komentar untuk "Perawatan mobil Hybrid dan EV - Mautaumobil.com"