Cara kerja transmisi mobil Hybrid Toyota menggunakan Power Split Device - Mautaumobil.com

    Toyota menggunakan powertrain tipe power split device pada mobil hybrid miliknya. Meskipun powertrain hybrid toyota ini tampaknya rumit, sebenarnya sangatlah mudah dan menggunakan teknologi yang telah terbukti untuk memastikan daya tahan, keandalan, dan masa pakai yang lama dengan kinerja luar biasa di dalam setiap kendaraan hybrid.

Power split device Toyota - source: YT Toyota & hybridev.siaga

Power split device atau Perangkat pembagian daya toyota menggabungkan daya dari sumber energi yang berbeda, perangkat ini memungkinkan kendaraan untuk beroperasi hanya dengan listrik, hanya dengan bensin atau kombinasi keduanya secara mulus dan handal, 

Perangkat pemisah daya menggunakan seperangkat planetary gear yang fungsinya serupa dengan yang digunakan pada diferensial yang ditemukan di hampir setiap kendaraan. Dengan penggunaan lebih dari dua roda dalam bentuk konvensional, diferensial yang terdapat pada poros kendaraan membagi daya antara dua roda karena satu roda harus berputar lebih cepat dari yang lain karena keduanya menempuh jarak yang berbeda di tikungan, hal ini memungkinkan roda tersebut berputar pada kecepatan yang berbeda sehingga kendaraan dapat berbelok. 

Toyota hybrid juga menggunakan jenis diferensial yang sama secara terpisah dari sistem power split device untuk melakukan pekerjaan yang sama seperti kendaraan lain di dalam power split device. Teknologi serupa digunakan pada power split device tetapi bekerja secara terbalik, alih-alih membagi tenaga mekanis antar roda yang beroperasi pada kecepatan berbeda, perangkat ini menggabungkan tenaga mekanis dari sumber berbeda yang beroperasi pada kecepatan berbeda.

Toyota hybrid memiliki tiga sumber tenaga mekanik yaitu dua motor listrik yang juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dan mesin bensin. Motor Generator nomor dua (MG2) memiliki ukuran yang lebih besar dari Motor Generator nomor 2 (MG2) dan memliki fungsi utama menggerakkan kendaraan ketika berjalan dengan listrik. Sedangkan Generator motor nomor satu (MG1) digunakan bersama dengan mesin bensin untuk menghidupkan dan menghasilkan tenaga listrik serta membantu generator motor nomor dua dalam kondisi beban berat atau pada saat kendaraan dalam keadaan mundur. Kedua motor generator tersebut juga dapat menghasilkan listrik untuk mengisi ulang baterai hybrid ketika pengemudi menekan pedal rem untuk memperlambat kendaraan, seperti kita ketahui bahwa saat proses pengereman mobil akan menghasilkan energi kinetik, energi tersebut dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai, sistem ini biasanya disebut sebagai Regenerative braking.

Perlu diketahui juga saat mobil bekerja tenaga mekanik dari dua generator motor dan mesin bensin dapat digabungkan oleh perangkat pemisah daya menjadi satu output energi. Output tenaga ini kemudian menggerakkan diferensial konvensional dan poros penggerak sama seperti kendaraan lain pada umumnya. Tidak ada kopling atau roda gigi yang dapat diubah pada toyota hybrid karena sifat dan cara kerja dari power split device dengan mengatur aliran listrik antara generator motor listrik dan throttle mesin bensin. Power split device juga berfungsi sebagai transmisi variabel kontinyu berbagai macam kecepatan dapat dicapai tanpa memerlukan gigi gigi dan clutch seperti sebuah kendaraan konvensional. Karena kesederhanaan perangkat power split yang elegan, pengoperasian yang mulus dan bobot yang ringan, perangkat ini dapat mengungguli transmisi konvensional dalam hal penghematan bahan bakar, daya tahan dan keandalan fitur dan fungsinya. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda ingin melakukan konsultasi, perawatan, perbaikan ataupun penanganan darurat mobil di lokasi anda (area jakarta) anda dapat menghubungi otosiaga ataupun langsung datang ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Cara kerja transmisi mobil Hybrid Toyota menggunakan Power Split Device - Mautaumobil.com"