Penyebab check engine menyala tanpa gejala pada Chevrolet bermesin ecotec (Spin, Sonic dan trax)


      Pada artikel kali ini akan membahas salah satu masalah yang sering terjadi pada pada mobil chevrolet yang bermesin ecotec. 
Mesin tipe ini dipasang pada model chevrolet spin dengan 1.200 cc, chevrolet aveo sonic dengan 1.400 cc dan Trax dengan 1.400 cc turbo. Walaupun ada sedikit perbedaan, akan tetapi ketiganya mempunyai konstruksi mesin yang mirip. Hal tersebut menjadikan ketiga tipe mobil tersebut memiliki masalah yang hampir mirip, beberapa masalah umum yang sering terjadi mulai dari masalah pada waterpump yang bocor, koil yang bermasalah dan indikator engine yang tiba tiba muncul tanpa ada gejala apapun dan tidak menimbulkan efek apapun pada mesin. 

      Pada beberapa kasus, munculnya indikator biasanya diikuti dengan gejala mesin menjadi pincang ataupun tenaga mesin yang berkurang disebabkan oleh masalah koil. Akan tetapi jika munculnya indikator engine tidak diikuti dengan gejala atau efek apapun, maka kita tidak bisa menebak dan perlu melakukan scan kerusakan dengan scanner. Setelah dilakukan scan, sering ditemukan masalah dengan kode kerusakan fuel trim lean. Arti dari kode kerusakan tersebut adalah sensor oxygen membaca campuran bahan bakar dan udara terlalu kurus atau terlalu banyak udara. Hal tersebut menandakan ada kebocoran udara pada sistem intake yang menyebabkan udara masuk kedalah mesin lebih banyak dibandingkan yang seharusnya. Setelah dilakukan pengecekan diketahui bahwa kebocoran tersebut berasal dari solenoid canister atau juga bisa disebut evap purge solenoid yang mengalami kebocoran dari dalam sehingga memerlukan penggantian komponen.

      Untuk mengetahui kerusakan pada canister solenoid bisa dilakukan  dengan membaca data fuel trim pada scanner dan melihat penambahan nilai fuel trim, nilai fuel trim yang normal adalah mendekati nilai 0 dengan toleransi -10 sampai +10, jadi saat campuran terbaca kurus atau lebih banyak udara makan nilai fuel trim akan melewati +10 dan juga sebaliknya. Dari hal tersebut kita dapat melakukan pengujian pada solenoid dengan cara menutup saluran solenoid, jika saat ditutup nilai yang terbaca pada scanner mendekati angka 0 maka dapat dipastikan terdapat kebocoran didalam solenoid canister, akan tetapi jika pada saat ditutup tidak ada perubahan, berarti terdapat masalah lain yang menyebabkan udara masuk lebih banyak. Dari hasil pemerikasaan diketahui bahwa masalah berasal dari solenoid canister dan dilakukan penggantian komponen. 

Setelah melakukan penggantian dan dilakukan road test mobil kebali normal. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga.id untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda. Saat ini otosiaga.id baru mengcover daerah jabodetabek saja. 
Silahkan hubungi otosiaga.id melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 



Sekian semoga sharing kali ini bermanfaat, jika ada masukan silahkan komen dibawah.  Cek juga instagram mautaumobil.com di @mautaumobil disana kami juga share informasi seputar otomotif.

Terimakasih. 

10 komentar untuk "Penyebab check engine menyala tanpa gejala pada Chevrolet bermesin ecotec (Spin, Sonic dan trax) "

  1. Apakah berbahaya jika lampu indikator ijeksi menyala terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indikator engine pada dasar berfungsi sebagai informasi adanya kerusakan baik dari sensor ataupun aktuator. jika indikator engine menyala biasanya cenderung tidak berbahaya, karena biasanya control unit mesin mempunyai pengaman. akan tetapi pada kasus kasus tertentu dapat menyebabkan beberapa gejala seperti tenaga mesin menjadi berkurang, mesin terasa pincang, atau gejala gejala abnormal lain yang bisa dirasakan. jika muncul indikator engine, sebaiknya segera periksakan kendaraan ke bengkel terdekat. semoga bisa menjawab.

      Hapus
  2. Indikator mesin saya sering menyala,, ditandai dengan hentakan,, nah baru deh tenaga berkurang.... Tapi setelah distirahat kan,, selama berjam.. Jam,, tenaga full kembali,, lalu setelah jarak kurang lebih 2 kilo,, kumat lagi,, sudah bulak balik ke bengkel... Belum ketemu solusi pas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir di blog mautaumobil, indikator menyala pada mesin memang sangat banyak penyebabnya mulai dari masalah pada mesin sendiri sampai masalah lain yang berhubungan dengan mesin seperti masalah transmisi dan abs. Biasanya kemunculan indikator engine disertai munculnya kode DTC ketika dilakukan scan kerusakan, kalau boleh tau kode kerusakan yang muncul setelah scan apa ya?

      Hapus
  3. Hi mautaumobil!

    Salam kenal, saya Dimas dan saya baru beli Chevrolet Trax tahun 2018. Setelah saya beli, indicator check engine menyala dan sudah saya bawa kembali ke showroom. Lalu disana dilakukan pengecekan dan hasilnya tidak issue yg terdetect dari diagnostic toolnya. Setelah itu saya bawa pulang dan check engine nya menyala lagi. Kira2 apa ya yg membuat check engine tersebut menyala lg. Based on dari pengecekan sebelumnya , tidak ada issue sama sekali dan indicator nya langsung mati. Mohon pencerahannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dimas terimakasih sudah mampir di mautaumobil.com, memang agak dilema jika tidak ditemukan DTC pada hasil pemeriksaan sehingga dibutuhkan waktu dan kesabaran, berdasarkan apa yang dimas sampaikan gejalanya memang mirip dengan kerusakan canister valve, akan tetapi untuk memastikan kerusakan harus melihat data sensor mesin. Jadi saya sarankan menggunakan jasa mekanik yang berpengalaman di chevrolet dan paham tentang data data mesin.

      Hapus
  4. Hallo saya ingin menanyakan mobil saya trax 2016, saat ini engine check menyala lalu pada saat di rpm rendah “berebet” ketiak dicek di salah satu bengkel ada error dengan kode “P0171” system to lean tank, apakah ini bisa di sebabkan canister valve? Mohon pencerahannya 🙏🏻

    BalasHapus
  5. Ijin bertanya juga,mobil saya orlando th 2017. Indikator engine saya jg menyala setelah dicek ternyata di intake dan katalisnya bermasalah trus dibetulkan tp malah mesin jd pincang dan harus ganti cover dek,setelah diganti coverdek nya akhirnya indikatornya sdh gak nyala lagi tapi setelah dinawa jalan kurleb 15km indikator tsb nyala lagi dan kni blm ketemu kenapa indikator tsb tetep menyala stlh dilakukan perbaikan dan penggantian part.
    Mohon sharing solusinya..

    BalasHapus
  6. Aveo 2005, setelah saya ganti dari pertalite ke Pertamax indikator engine menyala permanen,,kira kira ada hubungannya kh dengan BBM yg saya ganti

    BalasHapus
  7. om mau tnya tiba indikator check engine nyala itu knpa ya om

    BalasHapus

Posting Komentar