Penyebab Nissan Grand Livina tidak ada tenaga serta muncul check engine - Mautaumobil.com

 Nissan grand livina menjadi salah satu pilihan mobil keluarga dikarenakan ukurannya yang cukup untuk menampung keluarga kecil selain itu juga dilengkapi dengan mesin yang irit. 

Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan sharing kasus pada nissan grand livina L10 tipe transmisi manual, dimana mobil tersebut mengalami kendala tidak ada tenaga serta indikator check engine menyala. 

Check engine grand livina - source: mautaumobil.com

Awal pemeriksaan dilakukan dengan memverifikasi masalah mobil. Saat dilakukan  pemeriksaan ternyata RPM mesin maksimal hanya sampai 1.500 RPM dan tidak bisa digas lagi. Selanjutnya mekanik melakukan pengecekan dengan menggunakan scanner untuk mengetahui penyebab atau sumber kerusakan. Setelah dilakukan scan, ditemukan kerusakan dengan DTC P2128 APP sensor 2 circuit dan P2138 APP sensor.

DTC P2128 & P2138 - source: mautaumobil.com

Dari DTC tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kerusakan mengarah pada Accelerator pedal sensor atau APP sensor dimana pada sensor tersebut mengalami masalah pada salah satu sensor. Perlu diketahui bahwa didalam APP sensor terdapat 2 variabel resistor dimana fungsinya adalah sebagai pengaman, jika salah satu variable resistor mengalami masalah maka secara otomatis gas mobil akan dibatasi sampai RPM tertentu. Pada kasus ini variable resistor yang mengalami masalah adalah variable resistor nomer 2. Pembacaan kinerja variable resistor dapat dilihat pada live data di scanner.

Live data APP sensor - source: mautaumobil.com

Karena hasil pembacaan data pada variable resistor no 2 bermasalah maka selanjutnya dilakukan pengukuran pada jalur APP sensor. Hasil pengukuran menunjukkan normal, maka dapat dipastikan kerusakan yang jadi diakibatkan oleh APP sensor itu sendiri. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi bengkel otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta) ataupun bisa datang langsung ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Terimakasih


Tidak ada komentar untuk "Penyebab Nissan Grand Livina tidak ada tenaga serta muncul check engine - Mautaumobil.com"