Penyebab captiva keluar asap dari kap mesin - Mautaumobil.com

 Chevrolet Captiva merupakan mobil tipe SUV yang mempunyai beberapa tipe dan varian mesin, salah satu mesin yang digunakan adalah mesin bensin 2.4 pada chevrolet Captiva generasi pertama tahun 2008-2010 dengan kode mobil C100 atau biasanya juga sering disebut Captiva NFL (Non Facelift). 

Chevrolet Captiva 2.4 bensin NFL - source: mautaumobil.com

Salah satu masalah yang sering ditemukan pada mobil Captiva bensin NFL ini adalah muncul asap dari area cap mesin. Ketika muncul asap dari area mesin pastinya akan sangat membuat panik pemilik mobil. Berikut beberapa kemungkinan penyebab munculnya asap dari area mesin mobil Captiva bensin NFL. 

1. Overheat

Overheat atau panas berlebih mobil terjadi ketika temperatur mesin melampaui batas maksimal sehingga mengakibatkan keluar asap pada mesin. Biasanya gejala awalnya ditandai dengan indikator temperatur yang melebihi batas normal, kemudian AC mobil tidak bekerja. Pada kondisi terburuk dapat mengakibatkan mesin mati total dan pastinya akan membutuhkan biaya perbaikan yang besar. Jadi temperatur mesin harus diperhatikan dengan baik agar tidak mengakibatkan masalah serius pada mobil Captiva NFL. 

2. Kebocoran oli

Kebocoran oli mesin ataupun oli power steering yang menetes pada area knalpot akan terbakar dan menghasilkan asap, semakin banyak kebocoran oli maka asap yang keluar dari area mesin akan semakin banyak dan pastinya akan membuat panik. Komponen yang rawan mengalami kebocoran oli pada Chevrolet Captiva bensin NFL ini antara lain seal cover valve, sealent oil pan dan selang power steering. 

Kebocoran oli power steering - source: mautaumobil.com

3. Kebocoran air radiator

Kebocoran air radiator dalam jumlah besar pada mobil Captiva bensin NFL ini juga akan mengakibatkan munculnya asap dari area mesin mobil. Selang radiator yang pecah akan mengakibatkan air radiator yang panas keluar dari radiator dan menghasilkan uap panas. 


4. Fusebox terbakar

Beberapa kasus munculnya asap mesin yang terjadi pada mobil Chevrolet Captiva bensin NFL disebabkan oleh fusebox yang terbakar atau Meleleh. Fusebox yang terbakar bisa disebabkan oleh banyak hal seperti korsleting kabel, usia fusebox, pemakaian aksesoris yang tidak sesuai dapat menyebabkan fusebox tidak bisa menahan panas dan mengakibatkan komponen fusebox menjadi terbakar. Gejala fusebox yang terbakar antara lain muncul asap dan bau gosong dari area sebelah kiri mesin mobil. Kondisi fusebox yang terbakar harus diperhatikan karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. 

5. Masalah pada fanbelt

Fanbelt merupakan komponen yang berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin ke komponen mesin lain seperti alternator, pompa power steering dan kompresor AC. Jika salah satu komponen penggerak fanbelt macet atau rusak dapat menyebabkan gesekan antara fanbelt dan komponen yang rusak sehingga menyebabkan asap. 

Selain dari yang telah disebutkan diatas mungkin masih banyak hal lain yang dapat menyebabkan mobil mengeluarkan asap. Tentunya pemilik mobil chevrolet captiva tidak perlu khawatir tentang kondisi mobil jika memang sering atau rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan mobil.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi bengkel otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta) ataupun bisa datang langsung ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih


Tidak ada komentar untuk "Penyebab captiva keluar asap dari kap mesin - Mautaumobil.com"