Penyebab kebocoran arus listrik pada VW Polo 1.2 TSi - Mautaumobil.com

Test Kebocoran arus - source: YT The Automotive Clinic

 Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan sharing tentang kasus yang terjadi pada mobil VW polo tahun 2016 dengan masalah mobil tidak bisa start saat pagi dan aki drop terus.

Kasus mobil bermula ketika pemilik mobil hendak memanaskan mobil VW polo pada pagi hari tetapi mobil tidak bisa start dengan kondisi semua instrument dan lampu lampu dalam kondisi mati. Akhirnya pemilik mobil memutuskan untuk melakukan penggantian aki karena dirasa aki memang sudah drop. Setelah penggantian aki mobil hidup normal. Akan tetapi pada keesokan harinya mobil kembali tidak bisa start seperti kondisi sebelumnya dan setelah diperiksa ternyata aki kembali drop. Pemilik mobil memutuskan untuk menghubungi mekanik otosiaga untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah melakukan pemeriksaan awal mekanik berasusmsi bahwa terdapat parasitic current atau kebocoran arus listrik pada mobil VW polo tersebut. Karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan diagnosa kelistrikan di rumah, akhirnya mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Pemeriksaan awal dilakukan dengan memeriksa kondisi aki dan dapat dipastikan kondisi aki dalam keadaan lemah atau drop. Selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada sistem pengisian mobil. Untuk melakukan proses ini mobil membutuhkan aki baru agar bisa start. Setelah mesin hidup dan dilakukan pemeriksaan pada sistem pengisian hasilnya menunjukan bahwa sistem pengisian dalam kondisi normal yaitu sekitar 14,2 V.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan parasitic current atau biasa juga di sebut kebocoran arus listrik. Kebocoran arus listrik ini biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal seperti korsleting, kerusakan relay, module dan lain sebagainya. Pemeriksaan kebocoran arus listrik membutuhkan kesabaran dan ketelitian sehingga terkadang membutuhkan waktu cukup lama untuk menemukan sumber masalah utamanya. 

Pemeriksaan kebocoran arus listrik dilakukan dengan menggunakan Amp clamp ataupun Ampere meter yang dipasang pada kabel negatif aki mobil secara seri. Perlu diketahui juga saat melakukan pengukuran kebocoran arus listrik kondisi mobil harus benar benar dalam kondisi mati dan tidak ada komponen komponen atau tambahan aksesoris yang bekerja. Jika ada salah satu komponen tambahan yang bekerja maka akan menyebabkan bias pada pembacaan Ampere meter. 

Hasil dari pembacaan Amper meter menunjukan angka sekitar 2 Ampere yang mana artinya terdapat komponen yang bekerja terus menerus sehingga mengkonsumsi arus listrik. Untuk mengetahui sumber arusnya bisa dilakukan dengan mencabut fuse untuk mengetahui komponen mana yang menyebabkan bocor arus tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan fuse satu persatu ditemukan ada satu fuse yang mengarah ke sistem fuel pump yang ketika fuse tersebut dicabut pembacaan Amp clamp menjadi 0.05 Ampere yang mana angka tersebut adalah angka normal arus listrik pada kondisi mobil mati. Setelah diperiksa lebih lanjut ditemukan bahwa fuel pump terus menyala dan penyebabnya adalah masalah pada module fuel pump.

Module fuel pump vw polo - source: mautaumobil.com

Setelah dilakukan penggantian module fuel pump mobil kembali normal dan tidak terjadi kebocoran arus lagi. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi bengkel otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta) ataupun bisa datang langsung ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah.

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab kebocoran arus listrik pada VW Polo 1.2 TSi - Mautaumobil.com"