Penyebab Nissan Grand Livina tidak ada tenaga - Mautaumobil.com

     Pada kecepatan kali ini Mautaumobil.com akan sedikit sharing tentang kesusahan pada nissan grand livina tahun 2010 dimana pemiliki mobil mengeluhkan tenaga mobil tiba tiba menghilang dan transmisi matic seperti stuck di gigi 3 atau 4. Berdasarkan deskripsi yang diberikan oleh pemilik mobil maka ada kemungkinan masalah terjadi pada transmisi automatic. 

Untuk memastikan kerusakan, maka perlu dilakukan scan untuk mengetahui lebih detail kerusakan secara menyeluruh. Setelah dilakukan scan, ditemukan beberapa DTC yang berpotensi dapat menyebabkan tenaga mesin menjadi berkurang antara lain  P1720 Vehicle speed sensor (A/T out), P0132 HO2S1 Bank 1,  P0102 MAF sensor circuit. 

DTC P1720 Nissan - source: mautaumobil.com

Karena terdapat beberapa DTC maka langkah awal adalah memeriksa secara fisik MAF sensor, Oxygen sensor dan Vehicle speed sensor. Dari pemeriksaan secara langsung tidak ada keanehan yang ditemukan. Karena tidak ditemukan keanehan maka untuk sementara dilakukan reset DTC dan kemudian dilakukan test drive. 

Setelah melakukan test drive beberapa saat, mobil tiba tiba kehilangan tenaga dan transmisi terasa stuck, mobil akhirnya dibawa kembali untuk dilakukan pemeriksaan ulang, setelah melakukan scan ulang ditemukan penyebab masalah kehilangan tenaga berasal dari DTC P1720 Vehicle speed sensor (A/T out) yang kembali mucul setelah dilakukan test drive. 

Setelah tahu penyebabnya, pengerjaan dan pemeriksaan akan lebih fokus pada Vehicle speed sensor. Setelah dilakukan pengukuran kabel output pada vehicle speed sensor, hasilnya normal. Kemudian ketika isolasi kabel pada vehicle speed sensor dikupas, ditemukan beberapa kabel yang terkupas dan saling menempel.

VSS out A/T - source: mautaumobil.com

Setelah dilakukan perbaikan kabel, reset DTC dan test drive tidak ditemukan masalah hilangnya tenaga. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).
Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Nissan Grand Livina tidak ada tenaga - Mautaumobil.com"