Indikator Immobilizer Menyala? Jangan Panik Dulu, Berikut Beberapa Penyebabnya.

    
Gambar indikator immo berkedip

    Pernah gak sih ngalamin pada saat menyalakan mobil tiba tiba indikator immobilizer atau indikator mobil grembok menyala? Jangan panik dulu, kenali dulu gejalanya serta ingat ingat lagi apakah pernah terjadi sesuatu pada kunci mobil kalian, baik itu pernah jatuh, ataupun pernah terkana air, karna hal tersebut akan mempermudah proses analisa. 

     Sebelumnya mungkin beberapa dari kalian sudah mengatahui fungsi dari immobilizer, ya fungsi utama immobilizer adalah untuk keamanan kendaraan, karena jika kunci kontak yang dipakai tidak sesuai maka mesin mobil tidak akan bisa hidup. Cara kerja Immobilzer yaitu terdapat kode pada kunci yang telah disesuaikan dengan control unit pada mobil sehingga saat kunci kontak di masukan ke lubang kunci, module immo akan membaca kode pada kunci apakah sesuai atau tidak, jika kode pada kunci sesuai maka module immo akan memberikan akses ke engine control unit untik melakukan cranking, namun jika kode tidak cocok maka engine control unit tidak akan melakukan cranking.

     Selanjutnya adalah bagiaimana jika tiba tiba indikator immo mobil menyala? Jika indikator immo menyala tetapi mobil bisa start dan mesin bisa running kemungkinan terdapat pada masalah error elektrikal pada module immo yang menyebabkan immo menyala, beberapa kasus disebabkan oleh salah satu kunci yang tidak teradaptasi dengan module immo, ketika indikator immo menyala tetapi mesin bisa running sebaiknya mobil langsung dibawa ke bengkel terdekat untuk mengetahui apakah ada masalah pada sistem immo, perlu coding atau adaptasi ulang atau juga perlu penggantian part.

     Pada kasus yang kedua adalah ketika indikator immo menyala tetapi mobil tidak bisa stater, pada beberapa kasus bisa stater tetapi mesin tidak bisa running. Penyebabnya juga sama bisa terdapat kerusakan pada sistem immo ataupun perlu adaptasi ulang. Namun pada beberapa kasus yang terjadi, indikator immo menyala bisa disebabkan olah kondisi baterai (aki) mobil yang drop, sehingga solusinya cukup mengganti baterai yang drop tersebut. So, kalian tidak perlu panik ataupun terburu buru jika mengalami kejadian indikator immo menyala secara tiba tiba.
Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga.id untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda. Saat ini otosiaga.id baru mengcover daerah jabodetabek saja. 
Silahkan hubungi otosiaga.id melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah.



semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk teman teman semua. Cek juga instagram mautaumobil.com di @mautaumobil disana kami juga share informasi seputar otomotif.
Terimakasih.

7 komentar untuk "Indikator Immobilizer Menyala? Jangan Panik Dulu, Berikut Beberapa Penyebabnya."

  1. Om mau tanya sedikit:
    Sy pengguna camry 3.5Q 2008, Pada saat mesin mati/off indikator engine immo menyala/berkedip, setelah mesin dinyalakan/hidup indikator mati.
    Apakah normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo om, terimakasih sudah mampir di mautaumobil.com. bantu sedikit jawab, selagi mesin mobil menyala dengan aman harusnya tidak ada masalah, tapi untuk lebih detail bisa dilakukan scan immo

      Hapus
  2. Kan mau tanya,mobil saya spin baru saja saya stater bisa. trus saya matikan sebentar. Saya stater lg lampu immobilizer nyala, mesin tdk bisa nyala.kira2 apanya? Terima kasih

    BalasHapus
  3. Coba bantu jawab ya gan, banyak kasus indikator immo menyala disebabkan karena masalah aki, tapi tidak menutup kemungkinan masalah lain juga.

    BalasHapus
  4. Om numpang sering dikit, sienta saya indikatir imobilizer nya nyala kedip, tapi mesin masih bisa menyala itu yang bermasalah dimananya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih om sudah mampir di mautaumobil.com, untuk masalah indikator immo berkedip coba discan dulu om, barangkali cuma minta reset aja

      Hapus
  5. immo nyala mesin tdk bs distart, aki oke. kira2 apanya

    BalasHapus

Posting Komentar