Penyebab indikator EPC menyala disertai mesin pincang pada VW Tiguan 2014

 
Gambar engine tiguan 1.4 TSi

     Indikator pada instrumen panel yang tiba tiba menyala sering kali membuat para pemilik mobil khawatir, apalagi jika indikator menyala tersebut disertai dengan gejala gejala seperti mesin terasa pincang ataupun tidak bertenaga tentu saja membuat semakin panik para pemilik mobil. Salah satu kasus yang terjadi adalah pada mobil VW tiguan tahun 2014 dengan tipe mesin 1.4 TSi dimana mobil tersebut mengalami gejala mobil terasa pincang dan tidak bertenaga disertai dengan lampu indikator EPC yang menyala.

Setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan OBD scanner diketahui terjadi misfire pada cylinder mesin nomer 1. Dari data tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat masalah pada salah satu cylinder mesin tepatnya cylinder 1, penyebab masalah misfire bisa bermacam macam sehingga perlu pengecekan lebih lanjut. Setelah melakukan analisa dengan menggunakan OBD scanner, kemudian dilakukan pemeriksaan secara visual.

Dari hasil pemeriksaan secara visual diketahui bahwa terdapat kerusakan pada ignition coil pada cylinder nomer 1. Ignition coil tersebut mengalami terbakar di bagian shocket, sehingga efeknya ignition coil akan berhenti berfungsi sehingga terjadi misfire tersebut. Seperti kita ketahui fungsi dari ignition coil sendiri adalah untuk menaikan tegangan baterai menjadi tegangan tinggai sehingga tegangan tersebut dapat melompat di elektroda busi dan menghasilkan bunga api yang selanjutnya digunakan akan dalam proses pembakaran mesin. Untuk lebih jelasnya baca juga artikel: Teori engine management system

Gambar posisi coil terbakar

Setelah mengetahui sumber dari kerusakan, langkah selanjutnya adalah melakukan penggantian komponen ignition coil. Karena kondisi ignition coil sudah terbakar cukup parah dan meleleh sehingga untuk melepas ignition coil dari mesin perlu usaha cukup ekstra. Setelah ignition coil terlepas selanjutnya adalah memasang komponen baru ignition coil original dari VW. Setelah dilakukan penggantian lakukan pengecekan kembali menggunakan OBD scanner untuk melihat apakah masih ada masalah misfire pada mesin, jika hasil yang ditampilkan pada live datar OBD scanner tidak menunjukan misfire lagi berarti masalah tersebut telah terselesaikan. Kemudian lakukan test drive untuk memeriksa secara keseluruhan performa dari mesin. 

Gambar Part ignition coil terbakar

Gambar Part ignition coil baru

Penyebab indikator EPC menyala bisa juga disebabkan oleh masalah lain yang perlu pengecekan lebih lanjut, artikel di atas hanya merupakan salah satu kasus yang terjadi pada mobil tiguan 1.4 TSi 2014.

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga.id untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda. Saat ini otosiaga.id baru mengcover daerah jabodetabek saja. 

Silahkan hubungi otosiaga.id melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 



Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang ditulis dapat bermanfaat. Jika ada yang perlu ditambahkan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Cek juga instagram mautaumobil.com di @mautaumobil di sana kami juga share informasi seputar otomotif.

Terimakasih. 

Tidak ada komentar untuk "Penyebab indikator EPC menyala disertai mesin pincang pada VW Tiguan 2014"