Penyebab Chevrolet Captiva diesel bisa distarter tapi tidak mau hidup

      Captiva merupakan salah satu mobil line-up dari chevrolet Indonesia yang bertipe SUV. Mobil ini mempunyai dua tipe mesin yaitu tipe bensin dan diesel yang dilengkapi dengan transmisi automatic dan manual. Seperti kita ketahui mesin diesel pada Captiva mempunyai tenaga yang besar karena dilengkapi dengan turbocharger. Akan tetapi dibalik tenaga besar yang dihasilkan, mobil Captiva diesel tersebut juga sering mengalami masalah pada saat starter awal. Sering kali para pengguna Captiva menemui masalah dimana mobil Captiva diesel dapat distarter namun mesin tidak bisa hidup. Berikut mautaumobil.com sampaikan beberapa penyebab Captiva diesel bisa distarter namun tidak bisa hidup, informasi ini dikumpulkan berdasarkan pengalaman para mekanik yang sudah berpengalaman dalam menangani chevrolet Captiva diesel. 

1. Injector bermasalah

Injector pada chevrolet Captiva sering mengalami kerusakan terutama pada Captiva tipe facelift. Injector yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan starter mobil menjadi panjang bahkan mesin  tidak bisa hidup. Gejala injector yang mulai mengalami kerusakan adalah mesin pada saat hidup bunyinya terasa kasar, saat akselerasi juga ada bunyi kasar. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukannya dengan mencabut shocket fuel pressure sensor pada commonrail, akan tetapi jika mobil masih belum bisa hidup maka direkomendasikan untuk dibawa ke bengkel terpercaya. 

Gambar fuel injector Captiva FL

2. Fuel pump mati

Kasus fuel pump mati pada chevrolet captiva diesel lumayan sering ditemukan, gejala terjadinya kerusakan pada fuel pump adalah mobil bisa distarter akan tetapi mesin tidak bisa hidup. Untuk menganalisa kerusakan pada fuel pump bisa dilakukan dengan cara mengecek aliran solar yang masuk ke dalam injection pump. Jika tidak ada aliran solar yang masuk kedalam injection pump, ada kemungkinan kerusakan berasal dari komponen fuel pump sebagai sumber utama pendorong aliran solar. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan melakukan penggantian komponen fuel pump. 

Gambar fuel pump removal

3. EGR macet

EGR merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan gas buang masuk  kedalam mesin kembali. Karena EGR selalu bersinggungan dengan gas buang yang kotor, maka seiring pemakaian kendaraan akan semakin kotor juga EGR. Efek dari EGR yang kotor adalah katup EGR menjadi mecet dan mesin ketika distater akan panjang, pada kasus terburuk mesin tidak mau hidup. Gejala dari EGR yang kotor adalah mesin susah hidup dan mucul DTC kerusakan pada sistem EGR. Untuk memperbaikinya bisa dilakukan dengan membuka katup EGR dan membersihkannya serta dilakukan learning ulang EGR valve. 

Gambar lokasi EGR Captiva FL

4. Filter solar pecah atau bocor

Kasus filter solar pecah atau bocor sering ditemui pada tipe captiva diesel non facelift. Penyebabnya biasanya usia dari rumah filter solar ataupun jarang mengganti filter solar. Gejala terjadinya kerusakan pada housing filter solar adalah mesin tidak mau hidup dan tercium bau solar dari area mesin sebelah kiri. Untuk memperbaiki masalah tersebut bisa dilakukan dengan penggantian housing filter solar. 

Gambar housing fuel filter Captiva NFL

Kasus kasus di atas mungkin hanya beberapa tapi sangat umum terjadi pada mobil chevrolet captiva diesel, namun tidak menutup kemungkinan ada faktor lain yang menyebabkan mobil bisa starter tetapi mesin tidak bisa hidup. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga.id untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda. Saat ini otosiaga.id baru mengcover daerah jabodetabek saja.

Silahkan hubungi otosiaga.id melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat. Jika ada yang perlu ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Cek juga instagram mautaumobil.com di @mautaumobil di sana kami juga share informasi seputar otomotif.

Terimakasih 

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Chevrolet Captiva diesel bisa distarter tapi tidak mau hidup"