Gejala dan penyebab mesin diesel ngobos atau makan oli - Mautaumobil.com

     Masalah yang kerap kali dialami oleh pemilik mobil bermesin diesel adalah mesin ngobos. Apa itu mesin ngobos? Mesin ngobos merupakan kondisi dimana tekanan kompresi mesin bocor melewati ring piston, sehingga tenaga yang dihasilkan mesin menjadi berkurang serta dapat mengakibatkan oli mesin masuk ke area cylinder mesin. 

Mesin ngobos - source: mautaumobil.com

Gejala mesin ngobos

1. Oli mesin berkurang dengan cepat

Gejala awal yang sering ditemui pada kasus mesin mobil ngobos adalah oli mesin yang cepat berkurang tetapi tidak ditemukan kebocoran di area luar mesin. Hal ini menandakan oli berkurang dikarenakan oli mesin masuk ke dalam cylinder dan terbakar terbakar, semakin parah kondisi ngobos maka oli mesin akan semakin cepat berkurang seiring dengan pemakaian. 

2. Asap knalpot berwarna putih

Karena oli mesin masuk ke dalam ruang bakar, oli tersebut akan terbakar dan menghasilkan asap knalpot berwarna putih karena tercampur dengan oli mesin. Akan tetapi pada kasus kasus tertentu, mesin ngobos tidak langsung menimbulkan asap knalpot berwarna putih. 

3. Start panjang saat kondisi mesin dingin

Pada saat kondisi mesin dingin, komponen mesin masih dalam kondisi belum memuai, sehingga ketika mesin mengalami ngobos, kompresi mesin akan turun drastis saat kondisi mesin dingin dan mengakibatkan pengapian mesin tidak bekerja dengan baik efeknya adalah start mesin pada saat kondisi mesin dingin akan panjang. 

4. Tenaga mesin berkurang

Seperti yang kita ketahui mesin ngobos terjadi karena kebocoran kompresi pada cylinder mesin. Kompresi mesin yang rendah tentu saja akan menyebabkan tenaga mesin akan berkurang karena pembakaran yang terjadi tidak sempurna, terlebih lagi jika terjadi pada mesin diesel yang mana sangat mengandalkan tekanan kompresi yang tinggi untuk melakukan proses pembakaran. 

5. Terdapat banyak rembesan oli di area selang intake, seal cover dan PCV

Kebocoran kompresi pada pada area cylinder selain menyebabkan oli terbakar juga mengakibatkan tekanan blow by gas mesin menjadi tinggi sehingga akan mendorong ke seluruh area didalam mesin. Efek dari tekanan blow by gas yang tinggi adalah akan terjadi rembesan rembesan oli terutama pada area PCV, selang intake dan seal seal pada cover mesin. Jika menemukan mesin diesel dengan kondisi banyak rembesan diarea PCV, intake dan seal cover tidak menutup kemungkinan merupakan pertanda bahwa mesin mengalami ngobos. 

6. Keluar tekanan dan asap dari tutup oli dan deep stick ketika dibuka

Gejala yang terakhir adalah munculnya asap dan tekanan tinggi dari dalam mesin yang bisa kita lihat melalui tutup oli dan deep stick pada saat mesin dalam kondisi hidup. Cara ini sering digunakan untuk menentukan apakah mesin diesel dalam kondisi baik atau tidak. Jika dari tutup oli keluar asap dan tekanan tinggi maka ada kemungkinan terjadi keausan pada area cylinder mesin atau bisa kita sebut sebagai ngobos. 

Berikut video contoh mesin yang mempunyai gejala mesin ngobos

Video mesin ngobos - source: mautaumobil.com

Penyebab mesin diesel ngobos

1. Keausan cylinder
2. Keausan piston dan ring piston
3. Kesalahan penggunaan spek oli
4. Kesalahan penggunaan bahan bakar
5. Jarang mengganti oli

Cara memperbaiki mesin ngobos

Satu satunya cara untuk memperbaiki mesin ngobos adalah dengan melakukan overhaul mesin secara total. Biasanya ketika mesin ngobos di lakukan penggantian pada komponen piston, ring piston, liner ataupun boring block cylinder. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta). Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Gejala dan penyebab mesin diesel ngobos atau makan oli - Mautaumobil.com"