Penyebab check engine Chevrolet Spin 1.5 menyala disertai dengan muncul kode 89

     Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit share pengalaman ketika menemui kasus chevrolet Spin 1.5, dimana ditemui indikator check engine menyala disertai dengan muncul kode 89. Seperti kita ketahui bahwa ketika indikator check engine menyala artinya terdapat kerusakan atau malfungsi baik yang berasal dari sensor sensor mesin, aktuator, ataupun control system mesin. (Untuk informasi tentang sensor dan aktuator pada mesin silahkan baca: Teori engine management system). Selain indikator check engine, muncul juga kode 89 yang artinya menurut buku manual adalah peringatan untuk segera melakukan pemeriksaan ke bengkel terdekat. 

     Kali ini admin mencoba melakukan perbaikan sendiri menggunakan alat seadanya. Alat utama yang digunakan adalah scanner atau diagnostic tool, kebetulan alat yang saya punya hanya ada OBD2 ELM327. Alat ini mungkin sangat terbatas karena hanya mampu melaksanakan fungsi fungsi standar seperti memeriksa DTC, hapus DTC dan melihat live data beberapa sensor. Untuk informasi lebih detail tentang OBD2 ELM327 silahkan baca artikel: Review OBD2 ELM327.
 
     Langkah melakukan analisa diawali dengan mengkoneksikan OBD2 ELM327 ke mobil chevrolet Spin melalui port DLC yang terletak dibawah stir mobil. Kemudian buka aplikasi torque, kebetulan saya menggunakan torque versi lite yang gratis. Setelah Aplikasi torque, OBD2 dan mobil terhubung, lakukan pemeriksaan kerusakan mesin dengan memilih menu fault codes > Show logged fault.

Gambar aplikasi torque lite + OBD2 ELM327


Setelah menu dipilih, aplikasi torque akan memindai kerusakan pada elektrikal mesin. Setelah beberapa saat, hasil dari pemeriksaan muncul dan diketahui terdapat kode kerusakan atau DTC P0443 dengan keterangan Evaporative Emission  System Purge Control Valve Circuit. 

Gambar DTC P0443 Chevrolet Spin

Berdasarkan hasil pemindaian tersebut diketahui terdapat masalah pada sistem evap purge solenoid, yaitu sistem yang berfungsi untuk mengalirkan uap bahan bakar dari tangki masuk kedalam mesin. Untuk informasi teori dan cara kerja dari Evap Purge System, silahkan baca artikel: Teori cara kerja Evap Purge System

Hasil pembacaan kode kerusakan menunjukan terdapat masalah pada circuit Evap Purge system, dalam hal ini kemungkinan kerusakan berasal dari kabel yang putus atau koneksi kabel  solenoid evap Purge yang bermasalah. 
Untuk itu kita perlu mengetahui lokasi dari evap Purge solenoid. Dengan bantuan dari pencarian Google saya menemukan lokasi dari Evap Purge solenoid, yaitu berada pada bagian  intake manifold dari chevrolet Spin tepatnya berada di dekat throttle body. 

Lokasi solenoid canister dekat throttle body

Kemudian setelah ditemukan lokasi dari Evap Purge solenoid, periksa bagian kabel kabel yang mengontrol solenoid tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan mendetail jalur kabel solenoid Evap Purge, ditemukan kabel putus pada salah satu kabel Evap Purge solenoid. 

Gambar kabel solenoid canister putus

Setelah penyebab kerusakan ditemukan yaitu putusnya kabel solenoid Evap purge, lakukan perbaikan pada kabel tersebut dengan menyambungnya dan diikat rapat menggunakan isolasi kabel. Setelah kabel dan komponen terpasang rapi, kembali ke aplikasi torque dan masuk ke menu clear fault untuk menghapus data kerusakan. Jalankan menu clear fault dan hasilnya kode kerusakan menjadi hilang dan indikator check engine serta kode 89 tidak lagi ditemukan. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga.id untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda. Saat ini otosiaga.id baru mengcover daerah jabodetabek saja. 
Silahkan hubungi otosiaga.id melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Jika ada yang perlu ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Cek juga instagram mautaumobilcom di @mautaumobil disana kami juga share informasi seputar otomotif.

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab check engine Chevrolet Spin 1.5 menyala disertai dengan muncul kode 89"